Mengenal Konsep Cloud Kitchen dan Perkembangannya di Indonesia - Apiary Coworking Space

Cloud Kitchen atau yang kerap disebut Ghost Kitchen merupakan salah satu model bisnis yang banyak diminati akhir-akhir ini. Cloud Kitchen sendiri adalah konsep dapur kolektif yang memfasilitasi berbagai brand F&B dalam menyediakan layanan online delivery dan tidak menyediakan fasilitas makan di tempat. 

Pada Cloud Kitchen, biasanya tersedia ruang kerja berupa dapur besar dengan fasilitas lengkap yang bisa digunakan untuk memasak macam-macam menu dari berbagai restoran. Konsep dapur di dalamnya mirip dengan konsep co-working space yang memang sedang populer belakangan ini.

Berbeda dengan restoran konvensional yang membutuhkan tenaga kerja dan peralatan seperti meja dan kursi untuk layanan dine-in, model bisnis ini sangatlah unik karena dapat meminimalisir pengeluaran modal dengan hanya menyediakan layanan delivery. Hal ini membuat Cloud Kitchen menjadi pilihan tepat untuk pemula dalam bisnis karena resiko akan bangkrut tentunya juga menjadi minim. 

Selain itu, dalam menjalani bisnis Cloud Kitchen memiliki tempat yang strategis bukanlah prioritas utama. Dibanding tempat yang strategis, higienitas tentunya lebih diprioritaskan dalam bisnis Cloud Kitchen. Hal ini tentunya juga dapat menekan besarnya dana yang harus dikeluarkan. 

Bukan hanya resiko yang kecil, model bisnis ini juga memiliki potensi yang besar di masa depan. Dapat dilihat konsumen lebih memiliki minat besar pada layanan delivery akhir-akhir ini. Seringkali kita menemukan restoran konvensional yang antriannya dipenuhi oleh layanan delivery seperti ojek online dibanding pelanggan yang ingin makan di tempat. Berdasarkan katadata, nilai pasar layanan online food delivery berpotensi mencapai US$16 miliar atau setara dengan Rp225,6 triliun pada 2025. 

Peluang yang sangat besar ini melahirkan berbagai brand Cloud Kitchen yang sukses di Indonesia, salah satunya yaitu Hangry. Hangry adalah multi-brand restoran yang mengangkat konsep Cloud Kitchen dan menawarkan 5 brand berbeda, yaitu Ayam Koplo, San Gyu, Nasi Ayam & Kulit Bude Sari, Moon Chicken, dan Kopi Dari Pada.

Sejak didirikan pada tahun 2019, pertumbuhan Hangry kian melesat. Di tahun 2020, aktivitas bisnis Hangry mengalami peningkatan hingga 2000 persen. Kini, Hangry memiliki 41 outlet yang tersebar di area Jakarta dan berusaha untuk terus menghadirkan inovasi baru kepada masyarakat.

Apakah Anda menjadi tertarik untuk membangun bisnis Cloud Kitchen? Yuk, konsultasikan bisnismu dengan Apiary!

….

Terima kasih telah membaca artikel ini! Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai service, komunitas, event, dan program di Apiary?

Kunjungi website kami di www.apiary.id atau Instagram kami di @apiary.coworking